RPP Bahasa Indonesia Kelas 6a




















RPP
Bina Bahasa Indonesia
Kelas 6a















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema                
                                       ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak 
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang                              
                                         Didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
                                      0 Siswa dapat menentukan latar  cerita
                                      0 Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
III.Materi Pokok       : Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah 
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                     
                                         0 Mendengarkan cerita anak         
                                      0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang                              
                                         Didengar
                                      0 Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
                                      0 Menentukan latar  cerita
                                      0 Menceritakan kembali cerita yang didengar
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  buku cerita anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP




VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      :  Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat memahami aneka  jenis iklan
                                      0 Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
                                      0 Siswa dapat  mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Iklan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang iklan  yang pernah 
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memahami aneka  jenis iklan
                                      0 Menyampaikan isi iklan secara lisan
                                      0 Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan                 
                                         isinya
                               

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun iklan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan
                                      0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
                                      0 Siswa dapat  mencatat informasi penting dari bacaan
                                      0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  yang  akan   
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca intensif teks bacaan
                                      0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
                                      0 Mencatat informasi penting dari bacaan
                                      0 Menanggapi isi bacaan                   

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan                    
                                               memperhatikan  penggunaan ejaan yang baik dan benar
                                               * Tanda titik dua ( : )     

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami penggunaan tanda titik dua ( : )     
                                            dalam teks percakapan
                                      0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan
                                      0 Siswa dapat  mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
                                      0 Siswa dapat melengkapi teks percakapan yang belum selesai
                                      0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan  yang  akan  
                                            dibaca atau didengarkan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )     
                                            dalam teks percakapan
                                      0 Memperagakan teks percakapan
                                      0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks     
                                         percakapan
                                      0 Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
                                      0 Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
       
                                     0  Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta perbuatan


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   : v
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu                                  
                                           Teks yang dibacakan/didengarkan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks     
                                      0 Siswa dapat melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
                                      0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang didengar

III.Materi Pokok       : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang akan 
                                            didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan pembacaan teks
                                      0 Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
                                      0 Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
                                      0 Meringkas teks yang didengarkan
                                      0 Menceritakan kembali isi teks yang didengar
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  buku lain yang relevan dengan materi pelajaran

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP




VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampaikan pesan /informasi yang diperoleh dari berbagaimedia dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara                                   
                                         tersebut
                                      0 Siswa dapat  menyampaikan informasi penting secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang wawancara  yang pernah 
                                            Dilakukan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         : 0 Memperagakan wawancara bersama teman
                                        0 Menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                            tersebut
                                         0 Menyampaikan informasi penting seccara lisan

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun wawancara

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca teks berisi informasi dari kolom                               
                                            tertentu
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan
                                      0 Siswa dapat  menjelaskan isi teks secara lisan
                                      0 Siswa dapat memahami kalimat permintaan
                                      0 Siswa dapat melengkapi kalimat permintaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Cerita

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek cerita  yang  akan  
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca teks berisi informasi dari kolom                              
                                            tertentu
                                      0 Menjawab pertanyaan
                                      0 Menjelaskan isi teks secara lisan
                                      0 Memahami kalimat permintaan
                                      0 Melengkapi kalimat permintaan
                               
    
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengisi kartu pos           

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami isi kartu pos
                                       0 Siswa dapat  menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos                         
                                         dengan benar
                                        0 Siswa dapat  mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang                  
                                           sudah ditentukan
                                  
III.Materi Pokok       :   Kartu pos

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang kartu pos manfaat dan cara  
                                            pengisiannya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memahami isi kartu pos
                                       0 Menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos                         
                                         dengan benar
                                       0 Mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang                  
                                          sudah ditentukan                
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
       
0        Mengisi  kartu pos dan mengirimkannya ke alamat                
      teman,sudara, atau guru

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh              
                                            guru        
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat meringkas cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan amanat cerita

III.Materi Pokok       : Cerita Anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak  yang akan 
                                            Diperdengarkan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh               
                                            guru        
                                      0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
                                      0 Menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
                                      0 Menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
                                      0 Meringkas cerita yang didengar
                                      0 Menentukan amanat cerita
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  bukucerita anak  lain yang relevan dengan materi pelajaran


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                         tersebut
                                      0 Siswa dapat  menyampaikan informasi penting secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :   Kalimat pujian

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah                 
                                            diucapkan atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                         tersebut
                                      0 Menyampaikan informasi penting secara lisan
                              
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun kalimat pujian

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                      0 Siswa dapat  menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan   yang  akan  
                                            dibaca atau diperdengarkan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Membaca sekilas teks bacaan
                                       0  Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                        0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan         
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan  makna puisi     

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
                                       0 Siswa dapat  membaca puisi dengan penghayatan yang baik                       
                                        0 Siswa dapat  memparafrasekan puisi
                                 
III.Materi Pokok       :   Puisi

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
                                       0 Membaca puisi dengan penghayatan yang baik                        
                                        0 Memparafrasekan puisi
                                   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Memparafrasekan puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP







VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh              
                                            guru        
                                      0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan yang didengar
                                      0 Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan dengan kata-kata sendiri
                              
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan   yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh              
                                            guru        
                                      0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan yang didengar
                                      0 Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarkan
                                      0 Menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan dengan kata-kata sendiri
                    
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  teks bacaan   lain yang relevan dengan materi pelajaran





V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca contoh tanggapan pembacaan puisi
                                      0 Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi berdasarkan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun
                                      0 Siswa dapat  menanggapi pembacaan puisi teman secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :   Puisi anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi anak yang pernah                 
                                            Dibaca  atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca contoh tanggapan pembacaan puisi
                                      0  Menanggapi pembacaan puisi berdasarkan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun
                                      0 Menanggapi pembacaan puisi teman secara lisan
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun puisi anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                      0 Siswa dapat  menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan pengamatan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  pengamatan   
                                             yang  akan  dibaca
     B.Kegiatan Inti      :
                                        0 Membaca sekilas teks bacaan
                                      0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                         0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan            
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan /laporan hasil pengamatan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengisi formulir  ( pendaftaran ,kartu anggota,wesel             
                                                pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar 

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami  cara penulisan wesel pos
                                       0 Siswa dapat  mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang 
                                          sudah ditentukan                     
                                        0 Siswa dapat  memahami kalimat anjuran yang tepat
                                        0 Siswa dapat membuat kalimat anjuran
                                 
III.Materi Pokok       :   Wesel pos

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Memahami  cara penulisan wesel pos
                                       0 Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang 
                                          sudah ditentukan                     
                                        0 Memahami kalimat anjuran yang tepat
                                        0 Membuat kalimat anjuran
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Mengisi  blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang tua

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP







VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           







           



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan wawancara     
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks wawancara yang diperdengarkan
                                      0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting pokok dari wawancara yang didengarkan
                             
III.Materi Pokok       :  Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks wawancara   yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan pembacaan wawancara 
                                      0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks wawancara yang                                  
                                         diperdengarkan
                                      0 Menentukan hal-hal penting pokok dari wawancara yang                 
                                         Didengarkan
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  teks wawancara    lain yang relevan dengan materi pelajaran




V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampainkan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca tek bacaan dengan seksama
                                      0 Siswa dapat menentukan informasi setiap paragraf
                                      0 Siswa dapat  menyampaikan informasi secara lisan
                                      0 Siswa dapat mencari informasi dalam bacan lain
                               
III.Materi Pokok       :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang pernah                 
                                            Dibaca  atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca tek bacaan dengan seksama
                                      0 Menentukan informasi setiap paragraf
                                      0 Menyampaikan informasi secara lisan
                                      0 Mencari informasi dalam bacan lain
                                
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek lain dan meringkas isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP






VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan
                                      0 Siswa dapat membahas isi laporan hasil pengamatan
                                      0 Siswa dapat  menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
                               
III.Materi Pokok       :   Laporan hasil pengamatan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan                           
                                            pengamatan   yang akan dibaca
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca laporan hasil pengamatan
                                      0 Membahas isi laporan hasil pengamatan
                                      0 Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
                              
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Membuat ringkasan  dari teks yang dibaca atau didengar

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membaca cerita pendek
                                       0 Siswa dapat  menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek  
                                          yang dibaca                   
                                        0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
                                        0 Siswa dapat merigkas cerita pendek yang dibaca
                                        0 Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang 
                                            terdapat dalam ceriota yang dibaca
0        Siswa dapat mencari anonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita yang dibaca

                                 
III.Materi Pokok       :   Teks Cerita pendek

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan  
                                            dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          :  0 Membaca cerita pendek
                                          0 Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita                     
                                             pendek    yang dibaca                   
                                        0 Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
                                        0 Meringkas cerita pendek yang dibaca
                                        0 Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang 
                                            terdapat dalam ceriota yang dibaca
                                      0 Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita                
                                         yang dibaca

                               
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
                                     0 Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca    

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikisai tokoh,watak,latar,temaatau amant dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan cerit anak yang dibacakan guru    
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan
                                      0 Siswa dapat mencatat tokoh cerita dan sifat tokohcerita              
                                         tersebut
                                       0 Siswa dapat menentukan latar dan tema  cerita anak
                                       0 Siswa dapat menentukan alur atau urutan cerita anak yang 
                                          dibaca
                                       0 Siswa adapat meringkas cerita anak yang diperdengarkan       
                                          berdasarkan urutan peristiwa yang telah ditentukan
                              
III.Materi Pokok       :  Teks Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita anak  yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan cerit anak yang dibacakan guru
                                      0 Menjawab pertanyaan
                                      0 Mencatat tokoh cerita dan sifat tokohcerita              
                                         tersebut
                                       0 Menentukan latar dan tema  cerita anak
                                       0 Menentukan alur atau urutan cerita anak yang 
                                          dibaca
                                       0 Meringkas cerita anak yang diperdengarkan       
                                          berdasarkan urutan peristiwa yang telah ditentukan        

C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  cerita anak lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian meringkas dan menceritakan kembali




V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampainkan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca tek bacaan dengan seksama
                                      0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting setiap paragrap
                                      0 Siswa dapat  menjelaskan kembali isi bacaan secara laisan
                                      0 Siswa dapat mencari informasi di surat kabar dan mencatat 
                                         hal-ahal penting setiap paragraf
                               
III.Materi Pokok       :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang pernah                 
                                            Dibaca  atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca tek bacaan dengan seksama
                                      0 Menentukan hal-hal penting setiap paragrap
                                      0 Menjelaskan kembali isi bacaan secara laisan
                                      0 Mencari informasi di surat kabar dan mencatat 
                                         hal-ahal penting setiap paragraf     
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek lain dan meringkas isinya


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran,dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membuat pertanyaan  berdasarkan bacaan 
                                            informasi yang dibaca
                                      0 Siswa dapat memberikan tanggapan  berupa pertanyaan atau 
                                         saran
                                      0 Siswa dapat  menceritakan kembali  isi bacaan dengan kata- 
                                         kata sendiri
                                       0 Siswa dapat mencari informasi lain di surat kabar dan 
                                         mencatat hal-hal penting
                                       0 Siswa dapat menanggpi isi bacaan
                               
III.Materi Pokok       :   Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan   yang akan                
                                            dibaca
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membuat pertanyaan  berdasarkan bacaan 
                                            informasi yang dibaca
                                      0 Memberikan tanggapan  berupa pertanyaan atau 
                                         saran
                                      0 Menceritakan kembali  isi bacaan dengan kata- 
                                         kata sendiri
                                       0 Mencari informasi lain di surat kabar dan 
                                         mencatat hal-hal penting
                                       0 Menanggpi isi bacaan
                                

                              
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Menyusun  percakapan tentang berbagai topic dengan                                         
                                               memperhatikan penggunaan ejaan
                                             * Memahami kalimat pengandaian

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membaca teks percakapan bersama teman 
                                             sebangku
                                       0 Siswa dapat  menentukan pokok pembicaraan dalam teks 
                                           percakapan                 
                                        0 Siswa dapat melengkapi percakapan yang belum lengkap
                                        0 Siswa dapat membuat percakapan bersama teman ,kemudian 
                                           memperagakannya
                                        0 Siswa dapat membuat kalimat pengandaian


                                 
III.Materi Pokok       :   Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan yang akan 
                                            dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                        0 Membaca teks percakapan bersama teman 
                                             sebangku
                                       0 Menentukan pokok pembicaraan dalam teks 
                                           percakapan                 
                                        0 Melengkapi percakapan yang belum lengkap
                                        0 Membuat percakapan bersama teman ,kemudian 
                                           memperagakannya
                                        0 Membuat kalimat pengandaian



                               
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Memnyusun percakapan dan memeprgakakannya di depan kelas          

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-halpenting/pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan berita radio  yang dibacakan guru 
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan berita radio  
                                         yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi berita radio  
                                          yang lain
                                       0 Siswa dapat menanggapi dan membuat kelsimpulan  isi berita  
                                          radio yang didengarkan

                             
III.Materi Pokok       :  Berita Radio

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang berita radio  yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan berita radio  yang dibacakan guru         
                                      0 Menjawab pertanyaan berdasarkan berita radio 
                                         yang didengarkan
                                      0 Mencatat pokok-pokok informasi berita radio 
                                          yang lain
                                       0 Menanggapi dan membuat kelsimpulan  isi berita 
                                          radio yang didengarkan
       
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  berita radio  lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( mengkritik/memuji ) sesuatu hal diseertai alas an dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca percakapan berisi keritiok dan pujian
                                      0 Siswa dapat memuji dan mengkritik berdasarkan penjelasan
                                      0 Siswa dapat  membuat percakapan menggunakan kalimat pujian dan kritik
                               
III.Materi Pokok       :    Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan   dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Membaca percakapan berisi keritiok dan pujian
                                      0 Memuji dan mengkritik berdasarkan penjelasan
                                      0 Membuat percakapan menggunakan kalimat pujian dan kritik
                                
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membuat kalimat kritik atau pujian tentang suatu hal


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP








VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      : Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan /kunjungan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan
                                      0 Siswa dapat membahas laporan hasil pengamatan
                                      0 Siswa dapat  memberuikan saran disertai alasan
                                       0 Siswa dapat menjelaskan isi laporan hasil pengamatan
                                       0 Siswa dapat membuat laporan hasil pengamatan  kemudian 
                                          menceritakannya
                               
III.Materi Pokok       :   Laporan hasil pengamatan/ kunjungan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek laporan hasil pengamatan        
                                            yang akan  dibaca             
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca laporan hasil pengamatan
                                      0 Membahas laporan hasil pengamatan
                                      0 Memberuikan saran disertai alasan
                                       0 Menjelaskan isi laporan hasil pengamatan
                                       0 Membuat laporan hasil pengamatan  kemudian 
                                          menceritakan           
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
                                             * Memahami keterangan waktu dan tempat

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membacakan puisi dengan lafal dan intonasi 
                                              yang tepat
                                       0 Siswa dapat  mengubah puisi  ke dalam bentuk prosa                 
                                        0 Siswa dapat menulis puisi dan membacakan dengan lafal 
                                           yang tepat
                                        0 Siswa dapat memparafrasekan puisi  ciptaan sendiri
                                        0 Siswa dapat memahami penggunaan keterangan waktu dan 
                                            tempat
                                 
III.Materi Pokok       :    Puisi

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi  yang akan 
                                            dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membacakan puisi dengan lafal dan intonasi 
                                              yang tepat
                                       0 Mengubah puisi  ke dalam bentuk prosa                 
                                        0 Menulis puisi dan membacakan dengan lafal 
                                           yang tepat
                                        0 Memparafrasekan puisi  ciptaan sendiri
                                        0 Memahami penggunaan keterangan waktu dan 
                                            tempat




                               
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Menyusun puisi  dan memparafrasekannya        

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,amanat dari cerita anak yang dibaca

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan dongeng         
                                      0 Siswa dapat menjawab dan membuat pertanyaan berdasarkan 
                                         dongeng yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokohdongeng yang 
                                         didengar
                                       0 Siswa dapat menentukan latar,tema,dan amanat dongeng              
                                           yang didengar
                                       0 Siswa dapat menceritakan kembali kesimpulan dongeng yang 
                                           didengar
                                       0 Siswa dapat menentukan tokoh,tema,dan amanat dongeng 
                                           lain yang dibacanya

                              
III.Materi Pokok       :  Teks Dongeng

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang dongeng  yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan pembacaan dongeng     
                                      0 Menjawab dan membuat pertanyaan berdasarkan 
                                         dongeng yang didengar
                                      0 Menentukan tokoh dan sifat tokohdongeng yang 
                                         didengar
                                       0 Menentukan latar,tema,dan amanat dongeng              
                                           yang didengar
                                       0 Menceritakan kembali kesimpulan dongeng yang 
                                           didengar
                                       0 Menentukan tokoh,tema,dan amanat dongeng 
                                           lain yang dibacanya


       
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  dongeng lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampikan pesan /informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak ,Koran dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca teks bacaan dalam surat kabar
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan tek bacaan
                                      0 Siswa dapat  mencatat informasi penting yang terdapat dalam 
                                         teks bacaan kemudian menyampaikan secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang  dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca teks bacaan dalam surat kabar
                                      0 Menjawab pertanyaan berdasarkan tek bacaan
                                      0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam 
                                         teks bacaan kemudian menyampaikan secara lisan
                                

                               
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan lain kemudian mencatat isi dan melaporkannya di depan kelas


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll )

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan
                                       0 Siswa dapat menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan
                                       0 Siswa dapat  menanggapi isi bacaan informasi
                                       0 Siswa dapat membaca teks bacaan di surat kabar ,kemudian 
                                          mencatat informasi penting  dan menanggapinya
                               
III.Materi Pokok       :   Teks bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan         
                                            yang akan  dibaca             
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Membaca intensif teks bacaan
                                       0 Menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan
                                       0 Menanggapi isi bacaan informasi
                                       0 Membaca teks bacaan di surat kabar ,kemudian 
                                          mencatat informasi penting  dan menanggapinya
                               
        
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengisi formulir ( pendaftaran,kartu anggota,wesel pos,daftar riwayat hidup dll)
                                              * Kalimat majemuk bertingkat

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami penulisan pormurlir pendaftaran
                                       0 Siswa dapat  mengisi pormulir pendaftaran dengan benar                  
                                        0 Siswa dapat mencari contoh pormulir pendaftaran kemudian 
                                           membandingkannya
                                        0 Siswa dapat mengubah data dirindalam pormulir pendaftaran  
                                           kedalam bentuk narasi
                                        0 Siswa dapat memahami kalimat majemuk bertingkat
                                         0 Siswa dapat membuat kalimat majemuk bertingkat
                                          0 Siswa dapat memisahkan kalimat majemuk bertingkat 
                                             menjadi beberapa kalimat tunggal
                                 
III.Materi Pokok       :    Formulir Pendaftaran

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari                      
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang formulir dan kalimat 
                                            majemuk
     B.Kegiatan Inti      :
                                            0 Memahami penulisan pormurlir pendaftaran
                                         0 Mengisi pormulir pendaftaran dengan benar                 
                                         0 Mencari contoh pormulir pendaftaran kemudian 
                                           membandingkannya
                                         0 Mengubah data diri dalam pormulir pendaftaran  
                                           kedalam bentuk narasi
                                         0 Memahami kalimat majemuk bertingkat
                                         0Membuat kalimat majemuk bertingkat
                                         0Memisahkan kalimat majemuk bertingkat 
                                             menjadi beberapa kalimat tunggal                  
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Menyusun pormulir pendaftaran anggota organisasi
                                     0 Menyusun kalimat majemuk bertingkat              

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,amanat dari cerita anak yang dibaca

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat mendengarkan cerita pendek kemudian                                           
                                            menjawab pertanyaan    
                                      0 Siswa dapat menentykan latar,amanat,tema cerita pendek
                                      0 Siswa dapat menentukan alur cerita pendek
                                       0 Siswa dapat menceritakan kembali isi cderita pendek

                             
III.Materi Pokok       :  Teks Cerita Pendek

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang Cerita pendek  yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan cerita pendek kemudian                                           
                                            menjawab pertanyaan    
                                      0 Menentukan latar,amanat,tema cerita pendek
                                      0 Menentukan alur cerita pendek
                                       0 Menceritakan kembali isi cderita pendek

       
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  cerita pendek lain   yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( mengkritik / memuji ) sesuatu hal disertai alas an denganmenggunakan  bahasa yang santun

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memperagakan percakapan yang mengandung 
                                              kalimat pujian
                                      0 Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap suatu hal 
                                           /keadaan
                                      0 Siswa dapat menyampaikan tanggapan kepada orang lain
                                       0 Siswa dapat membuat percakapan
                               
III.Materi Pokok       :    Teks percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan  yang   
                                            dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memperagakan percakapan yang mengandung 
                                              kalimat pujian
                                      0 Memberikan tanggapan terhadap suatu hal 
                                           /keadaan
                                      0 Menyampaikan tanggapan kepada orang lain
                                       0 membuat percakapan 
                               
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek percakapan  lain kemudian mencatat isi dan melaporkannya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll )

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membaca teks bacaan dengan seksama
                                       0 Siswa dapat menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan
                                       0 Siswa dapat  menentukan pokok pikiran setiap paragraf
                                       0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan
                               
III.Materi Pokok       :   Teks bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan        
                                            yang akan  dibaca             
     B.Kegiatan Inti         :   0 Membaca teks bacaan dengan seksama
                                       0 Menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan
                                       0 Menentukan pokok pikiran setiap paragraf
                                       0 Menanggapi isi bacaan
                                          
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa  dengan tetap memperhatikan makna puisi
                                             * Menggunakan ntanda garis miring dalam kalimat

II.Indikator                   :    0 Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan
                                         0 Siswa dapat  mencatat pesan atau amanat puisi                
                                         0 Siswa dapat memprafrasekan puisi yang telah disediakan
                                        0 Siswa dapat mencari puisi dan memparafrasekannya
                                         0 Siswa dapat mengenal tanda baca garis miring /
                                         0 Siswa dapat membubuhi tanda baca garis miring /
                                        
                                 
III.Materi Pokok       :    Teks Puisi

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari                     
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi dan garis miring
     B.Kegiatan Inti      :
                                            0 Membaca puisi dengan penghayatan
                                         0 Mencatat pesan atau amanat puisi                
                                         0 Memprafrasekan puisi yang telah disediakan
                                        0 Mencari puisi dan memparafrasekannya
                                         0 Mengenal tanda baca garis miring /
                                         0 Membubuhi tanda baca garis miring / 
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Menyusun puisi dan membacakannnya di depan kelas
                                     0 Membubuhi kalimat  dengan garis miring                       

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           





»»  BACA SELENGKAPNYA...